Wednesday, March 6, 2013

Manfaat Olah Raga Renang

         
          Olah raga,sangat penting baik dalam pertumbuhan fisik maupun dalam perkembangan metal/ruhaninya. Kebutuhan akan olahraga bagi manusia menjadi sebuah keniscayaan, karena sejak manusia lahir bahkan masih dalam kandungan ibunya olahraga berkontribusi besar. Begitu pula pada saat anak-anak, remaja dewasa ataupun pada saat lansia, olahraga bak sebuah bengkel service dalam memelihara kendaraan seseorang.

         Disini kita akan membahas salah satu cabang olah raga yaitu Renang.Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan bagi kita.Olahraga renang adalah olah raga yang mengasyikan karena dengan berenang akan membuat tubuh tetap sehat.Renang tidak membutuhkan partner layaknya sepakbola, bulutangkis, ataupun basket. Jadi, jika anda kesulitan mencari rekan untuk berolahraga, maka berenanglah. Renang juga merupakan olahraga keluarga, olahraga universal yang  bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

          Manfaat renang sangat banyak sekali mulai untuk kesehatan , untuk terapi anak , terapi kehamilan , terapi asma dan masih banyak lagi jenis penyakit yang dapat di obati dengan rajin berenang,Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. dan dalam kehidupan kita sehari2 pun sangat banyak manfaatnya.

          Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung.Berenang juga bisa dijadikan sebagai rekreasi bagi keluarga,selain murah juga sangat menyenangkan.Bagi muslimah yang ingin berolah raga renang sekarang banyak kolam renang menyediakan hari2 khusus bagi muslimah,tanpa harus merasa risih untuk berenang.

Dalam pandangan Islam:

Allah menghendaki agar umatnya mempunyai jasmani yang kuat, sebab jasmani yang kuat lebih disukai Allah dari pada jasmani yang lemah. Rasulullah bersabda.“ Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah dari pada orang mukmin yang lemah”. (H. R. Muslim). Tidak mungkin orang mukmin yang lemah fisiknya dapat melaksanakan tugas sebagai hamba Allah dengan sempurna.
Olahraga ini termasuk urusan dunia, akan tetapi olahraga penyokong utama untuk kehidupan akhirat,

          Dalam Islam renang juga sangat dianjurkan,seperti dikutip dalam hadits
Umar Ibnu Khatab dalam sebuah Atsar yang di riwayatkan oleh  Maqhul,bahwa Umar Ibnu Khatab menulis kepada penduduk Syam yang berbunyi “ajarilah anak2mu berenang,memanah,berkuda”(kanjul ummal 11386)  Tuntunan itu datang dari Sahabat Nabi SAW yang kita cintai. 

Berenang,memanah dan berkuda,Tiga keterampilan yang setidaknya harus dimiliki anak-anak penerus semangat Islam.

Kenapa BERENANG?


           Tentu ada alasan kuat mengapa Umar Ibnu Khatab menyuruh para orang tua Muslim mengajari anak-anaknya dengan keterampilan-keterampilan khusus tersebut. Bagi masyarakat di padang pasir, berkuda dan memanah adalah barang yang lumrah. Naik kuda ataupun naik unta merupakan keseharian mereka.

Tapi berenang?! Wow, ini yang agak mengherankan. Orang Arab tidak terlalu suka air (keucuali untuk minum tentunya),dan kolam renang adalah hal yang sulit ditemukan. Kalaupun kolam itu ada, bentuknya oase atau wadi. Dan kebanyakan dipakai sebagai sumber minum. Karena air sangat sulit ditemukan di daerah padang pasir,maka anjuran ini adalah sebuah hal yang jauh di luar jangkauan pemikiran masyarakat muslim 15 abad lalu.


Setelah agama Islam berkembang ke seluruh dunia,melitasi semua Samudra,tak hanya di padang pasir Arab saja,maka ketetampilan atau bisa berenangpun sangat di perlukan.Tidak hanya untuk kepentingan militer Ketika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkanpun (berkaitan dengan air) seperti ketika tsunami menerjang, atau yang terakhir, ketika Situ Gintung jebol, orang yang bisa berenang tentu lebih dimudahkan untuk menyelamatkan diri

       
Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :

1. Membentuk otot

Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

2. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru

Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.

3. Menambah tinggi badan

Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).

4. Melatih pernafasan

Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.

5. Membakar kalori lebih banyak(menurunkan berat badan)

Sangat cocok untuk orang yang tidak suka berolah raga berat,tapi perlu menurunkan berat badan.Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.

6. Self safety

Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).

7. Menghilangkan stres( stressor)

Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.

8. Memperkuat daya tahan ibu hamil,dan mempermudah proses melahirkan jika usia kehamilan berumur 9bln.

9.Menambah rasa percaya diri bagi seseorang.

10.Yang paling penting sangat bermanfaat dalam membaca/tilawah Al'quran.biasanya setiap orang sering mengalami kesulitan dalam membaca Al'quran yaitu dalam mengatur panjang pendeknya bacaan,diakibatkan tidak kuat dalam membaca ayat2 yang panjang,atau napas terputus2,dengan olah raga renang maka akan mudah mengatur tempo bacaaan kita dlm membaca Al'quran.

Kesimpulan manfaat renang untuk kesehatan

Jadi dengan bernang akan membuat tubuh kita tetap sehat mulai dari  daya tahan tubuh , organ vital seperti paru - paru dan jantung , membakar kalori , membentuk otot lebih kencang , dan masih banyak lagi manfaat renang
 Tetapi, di atas semuanya, " BERENANG ADALAH KESENANGAN  ". Memenuhi Kebutuhan Semua orang!
Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Flower 53