Thursday, March 7, 2013

Semua Orang Bisa Renang

          Tidak ada kata terlambat untuk belajar,termasuk belajar renang,berapapun usia kita anak2,tua maupun muda.Bahkan jika kita rutin melakukannya dari usia dini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.Adakalanya kita menyukai atau hobby terhadap salah satu cabang olah raga,tapi belum tentu cocok dengan kondisi kita.Motivasi ku ketika belajar renang karena beberapa cabang olah raga sudah aku coba,dari bulu tangkis,senam aerobic,senam kesehatan,lari pagi,sampai bersepeda.Waduh ga ada yang cocok selesai olah raga bukan nya sehat penyakit sesaknya kambuh.

          Awalnya aku punya masalah pembengkakan pada jantung,kalau lagi kambuh terasa sesak seperti tidak bisa bernafas,yang sangat menyiksa ketika aku mulai ikut LTQ,pada tahap pra Tahfizh setiap pertemuan sudah mulai talaqih,aku kesulitan karena nafas kurang panjang,jadi ketika membaca qur'an selalu tersenggal senggal karena nafas tidak panjang,satu ayat bisa terpenggal menjadi beberapa penggalan,sangat menyiksa sih...

         Ga sengaja awalnya cari2 tips bagaimana mengatasi permasalahan pernafasan pada kakek Google,...ternyata ada juga tuh olahraga yang aman juga bisa membantu masalah pernafasan,sempat merasa tidak yakin awalnya karena aku trahuma pada kedalaman,bahasa kerennya takut air.
Tapi karena cape minum obat,cape bolak balik RS dari RS A ke B sampai RS yang paling jauh RS Cipto,uh...menghabiskan waktu,uang dll deh.Dengan tekad yang bulat sebulat2nya bakso aku, beranikan diri ikut les privat renang,Ya Allah susah juga ternyata mungkin karena takut nya sudah mendarah daging kali yee.

          Galau juga ga bisa bisa,tapi beberapa bulan les,ternyata banyak perubahan,jadi yang namanya sesak ga pernah mampir lagi,kalau tilawah Qur'an lancar,ga terlalu memenggal dan ngerem mendadak tilawahnya,badan jarang2 sakit,yang paling bahagia berat badanku turun dari 70kg s/d 55kg,wow drastis bukan?aku bilang bahagia karena ga enak loh jadi gemuk,semua aktivitas terhambat cepet cape,sering sesak,karena kebanyakan lemak.

          Akhirnya selesai juga lesnya,6 bulan bayangin baru bisa gaya dada,...hiks..hiks...lambat banget ya?..bukan faktor U (usia)tapi faktor T(takut),gaya2 selanjutnya aku belajar sendiri cari2 tehniknya biasa tanya sama kakek google,trus belajar bareng temen2 sehobbi,oh ya renang yang tadinya menakutkan kini jadi hobbi,,ko bisa...?ya bisa lah menyenangkan dan banyak manfaatnya sih.

         Bayangkan dalam sepekan 3 kali berenangnya,lancar deh berenangnya,tentunya ada suka dan dukanya,sukanya ya banyak ngersain manfaatnya karena sisesak ga pernah mampir lagi dan masih banyak lainnya,dukanya aku pernah tenggelam ditempat 1,6 m,karena jilbab kepanjangan menutupi wajah,ampun deh malah ga ada yang nolong lagi,jadi menolong diri sendiri aja dengan berusaha berenang ketepian.Alhamdulillah Allah Maha Baik masih menolong aku,dan memberikan aku kesempatan hidup.

         Karena rajin latihan kucoba pada anak2ku,dan sekarang mereka sudah bisa berenang semua.
aku terus belajar mencari bagaimana cara efektip belajar renang dengan cepat,targetnya 3 bulan selesai,dan bagaimana menyelamatkan diri sendiri keteika kita tenggelam.Banyak temen teman yang minta anaknya diajari,mulanya ga PD sih,tapi kenapa ga dicoba ya,akhirnya dengan motifasi dari seorang sahabat akhirnya kucoba juga berbagi ilmu.

         Bukan sih karena aku ga mau berbagi ilmu,tapi karena aku punya cita2 yang sangat ingin kuwujudkan,aku belajar renang karena ingin sekali tilawah Qur'an ku baik,dan kuingin sekali mengajarkan Alqur'an,tapi ternyata Allah berkehendak lain mungkin belum jodoh kale denganku,tawaran yang datang malah tawaran mengajar renang,ingat sekali motivasinya padaku menjadi guru apapun itu ilmu yang diajarkan jika bermanfaat insyaAllah pahalanya sama dihadapan Allah.
        Ya jadilah sekarang dari coba2 dan juga kebutuhan akan olah raga renang menjadi guru privat renang,Alhamdulillah bertahap dari mengajar anak2,akhirnya juga berani mengajar ibu2,juga yang mendapat rujukan agar terapi renang karena mengalami syaraf kejepit,asma dan obesitas.
Oh ya untuk sahabat2 yang kepingin olah raga yang menyenangkan dan ga begitu cape coba deh olah raga renang,kalau aku bilang sih jadi ketagihan,kalau ga renang badan sakit semua.
Jadi untuk yang merasa takut ayo dicoba,kalau sudah tahu dasar dan tehnik dan manfaat dalam olah raga renang pasti mau mencoba,tentunya harus belajar dulu dengan ahlinya,hehehe alias les renang.

         Belajar renang ga susah koq,modalnya berani dan PD aja,belajar dari pengalaman lama karena ga mau mencoba menghilangkan rasa takut,alias takut koq dipelihara.Kalau sudah merasa mencoba menghilangkan rasa takut tapi ga hilang juga,berarti harus berusaha menjadikan kolam renang sebagai sahabat dulu,baru jika sudah bisa jadi friend,InsyaAllah  pasti cepat bisa.

         Dalam Islam sangat di anjurkan loh,seperti yang dikutip dari hadist,Umar Ibnu Khatab dalam sebuah Atsar yang di riwayatkan oleh  Maqhul,bahwa Umar Ibnu Khatab menulis kepada penduduk Syam yang berbunyi “ajarilah anak2mu berenang,memanah,berkuda”(kanjul ummal 11386)  Tuntunan itu datang dari Sahabat Nabi SAW yang kita cintai.


Allah menghendaki agar umatnya mempunyai jasmani yang kuat, sebab jasmani yang kuat lebih disukai Allah dari pada jasmani yang lemah. Rasulullah bersabda.“ Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah dari pada orang mukmin yang lemah”. (H. R. Muslim). Tidak mungkin orang mukmin yang lemah fisiknya dapat melaksanakan tugas sebagai hamba Allah dengan sempurna.
Olahraga ini termasuk urusan dunia, akan tetapi olahraga penyokong utama untuk kehidupan akhirat,

 Jadi intinya, menurut aku belajar renang itu belajar  yang sangat penuh dengan tantangan,karena banyak faktor yang harus dihilangkan pada diri kita,tentunya faktor2 yang tidak menguntungkan,paktor takut menjadi pemberani,sampai sifat pemalu dan ga percara diri aja bisa hilang loh,...bayangin deh kita yang bisa renang, bisa terlihat bedanya dengan orang yang ga bisa berenang,dikolam renang kebanyakan juga yang ga bisa berenang, diemnya dipojokan kolam renang,ga bisa ngapa-ngapain bergerak salah karena takut tenggelam,kecipratan air teriak,ada yang bisa tapi gaya batu,macam2 deh,...kalau aku bilang nih nyempit-nyempitin kolam renang,hehehe....bercanda loh,beda dengan yang bisa renang 1 jam dikolam renang menjadi sangat berarti,karena dengan gaya yang kita bisa, kita dapat berolah raga/berenang dengan maksimal .....


Kesimpulannya: semua orang bisa berenang,....dengan belajar berenang...Berenang itu mudah...Bermanfat.....
buat kebugaran jasmani maupun rohani kita,...


No comments:

Post a Comment

Flower 53